Strategi
Bisnis Picocu
PRODUK
3.1 Gambaran Produk
Picocu adalah sejenis
pisang yang di bakar lalu di penyet dengan varian rasa yang bermacam- macam,
pisang penyet bakar kami berbeda dari pisang-pisang bakar yang lainnya. Kami
mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan menu pisang penyet
bakar. Kami tidak hanya menjual pisang bakar biasa pada umumnya, tetapi kami
juga mempunyai menu spesial yakni pisang penyet bakar keju susu dan pisang
penyet bakar kacang madu. Kami harap dengan ide dan inovasi kami dalam menjual
pisang penyet bakar, dapat menarik para pembeli sehingga dapat meningkatkan
omset penjualan kami.
3.2 Gambaran Persaingan
Untuk saat ini kami
mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan pisang penyet bakar agak sedikit berpengaruh karena pesaing kami sudah terlebih dahulu berjualan di tempat kami berjualan dan juga tempat pengalaman yang cukup membuat mereka cukup dikenal sehingga banyak orang khususnya anak-anak membeli makanan yang dijual penjual lain.
penjualan pisang penyet bakar agak sedikit berpengaruh karena pesaing kami sudah terlebih dahulu berjualan di tempat kami berjualan dan juga tempat pengalaman yang cukup membuat mereka cukup dikenal sehingga banyak orang khususnya anak-anak membeli makanan yang dijual penjual lain.
3.3 Gambaran Penjualan
Dalam pelaksanaannya nanti, kami akan menjual pisan penyet bakar ditempat yang
strategis, yakni di Kawasan Sekolah yang merupakan salah satu tempat yang
strategis. Dalam menjual pisan penyet bakar ini, kami akan terjun langsung
dalam melayani para pembeli karena tidak ingin menggunakan jasa karyawan
pada tahap awal ini. Kami ingin melihat langsung bagaimana respon para pembeli
dalam melihat produk pisang penyet bakar kami. Tentu dalam penjualannya nanti,
ada strategi-strategi penjualan yang akan kami pakai dalam menarik calon
pembeli. Besar harapan kami agar dalam pelaksanaannya nanti penjualan roti
bakar kami dapat berjalan dengan sukses.
PERENCANAAN KEUANGAN
Total biaya pembangunan usaha PISANG PENYET
BAKAR tersebut sebesar Rp 17.750.000,- dengan rincian sebagai berikut =
1. Biaya Tetap (Fixed
Cost)
-Kursi, meja,
lemari
Rp 0,-
-Pemanggang pisang
unit
Rp 30.000,-
-Peralatan memasak
lainnya
Rp 25.000,-
-Pembuatan banner, stiker daftar
harga Rp
50.000,-
Total
Rp 105.000,-
2. Biaya Variabel
(Variable Cost) per Bulan
-Pisang kepok 30 sisir Rp
150.000,-
-Aneka macam
selai Rp
40.000,-
-Coklat dan ceres
Rp
15.000,-
-Kacang Rp
10.000,-
-Keju Rp
23.000,-
-Susu Rp
7.000,-
-Mentega/margarin Rp
6.000,-
-Arang
Rp 50.000,-
-Plastik, kertas
dll Rp
30.000,-
Total
Rp 331.000,-
3. Total Biaya (Total
Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 105.000,- + Rp 331.000,-
TC = Rp 436.000,-
4. Daftar Harga
-Harga Pisang penyet bakar
keju
= Rp 5.000,-
-Harga Pisang penyet bakar susu
keju
= Rp 6.000,-
-Harga Pisang penyet bakar
Coklat
= Rp 4.000,-
-Harga Pisang penyet bakar madu
kacang =
Rp 5.000,-
-Harga Pisang penyet bakar Coklat
Keju
= Rp 6.000,-
-Harga Pisang penyet bakar Coklat
Kacang
= Rp 5.000,-
5. Pendapatan
Target penjualan pisang penyet bakar per hari adalah 30 porsi.
Waktu berjualan Senin-Jum’at. Atau dalam sebulan menjual 600 porsi.
Pendapatan Harian = Rp 5.000,-
x 30 = Rp 150.000,-
Pendapatan Bulanan = Rp 150.000,- x
20 = Rp 3.000.000,-
Sumber Dana Investasi
Kebutuhan dana dalam pembangunan usaha ini berasal
dari dana patungan, yaitu:
Modal
patungan
:
Rp 500.000,0-
0 komentar:
Posting Komentar